About

“LATAR BELAKANG BERDIRINYA PERGURUAN RAKYAT”

Kalau ada Perguruan yang dapat disebut Perguruan Nasional pertama di Indonesia, itulah Perguruan Rakyat. Perguruan ini berdiri pada tanggal 11 Desember 1928. Sejak itu dan hingga kini Perguruan ini terus tanpa terputus malakukan kegiatan dalam rangka ikut “Memajukan Kesejahteraan Umum” dan “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”. Semua sekolah ini berdiri sebelum Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, belum berwatak tegas Nasional, dengan ciri lokal, sectarian atau Regional. Adapun Perguruan Rakyat berdiri 44 hari sesudah Sumpah Pemuda, sebagai realisasi Sumpah Pemuda, dan didirikan oleh para pendukung Sumpah Pemuda yang sebagian ikut serta dalam hal Sumpah Pemuda pula. Hal-hal yang membedakan Perguruan Rakyat dari Perguruan yang lain jelas tertera dalam pedoman “Sendi-sendi Perguruan Rakyat”. Sendi yang terpenting adalah “kebangsaan Indonesia, yang menyatukan Dunia pemuda dengan dunia yang lebih besar, yaitu masyarakat yang bersemangat dan insaf dalam kebangsaan Indonesia.
Perguruan Rakyat lahir sebagai gabungan 2 (dua) organisasi sebelum sumpah pemuda, yaitu Poestaka Kita dan persatoean Oentoek Beladjar. Yang pertama taman bacaan yang di pimpin oleh Mr. Sunario dan Arnold Mononutu, dan yang kedua kursus bahasa dan jurnalistik yang dipimpin oleh Sudarmo Atmodjo dan Sarah Thaib. Dalam rapat penggabungan tanggal 30 Agustus 1928 (sebelum sumpah pemuda) itu dibentuk badan pendidikan bernama “Volksuniversiteit” (Perguruan Rakyat). Tanggal 11 Desember 1928 (sesudah sumpah pemuda dan dengan dijiwai sumpah pemuda) Volksuniversiteit atas usul Mr. Moh. Yamin dirombak menjadi Badan Persatoean Pergoeroean Rakjat, disingkat Pergoeroean Rakjat, dikendalikan oleh sebuah badan pengurus dengan ketua Mr. Moh Nazief, Wakil Ketua Mr. Sunario, dan sekertaris I Arnold Mononutu. Karena ketiga orang ini adalah mantan tokoh Penghimpunan Indonesia Yang dikenal sebagai badan nasionalisme Indonesia, maka Perguruan Rakyat pun tak lepas dari kiprah sebagai pejuang kemerdekaan.
Banyak tokoh gerakan Kemerdekaan mengajar disekolah ini, yang dikemudian hari menjadi tokoh-tokoh terkenal diberbagai bidang politik, budaya, sastra, hukum Negara Republik Indonesia, seperti Mr. Hindromartono, Dr. Sahardjo, Mr. Moh. Yamin, Mr. Assaat, Mr. Sultan Takdir Alijahbana, Sanusi Pane, Amir Hamzah Bungsu, Mr. Maria Ulfah, Mr. Teuku Moh. Hasan, Mr. Sumanang, P.F. Dahler (Amir Dahler), Mr. Sutan Moh Rasjid dan masih banyak lagi. Dalam hal Prolamasi Kemerdekaan Indonesia, Perguruan Rakyat tidak absent. Dlam upacara pembacaan teks Proklamasi Kemerekaan Indonesia oleh Sukarno-Hatta pada 17 Agustus 1945, pengerek bendera adalah A. Latief Hendraningrat, ketua Yayasan Perguruan Rakyat belasan tahun lamanya dan di jaman colonial sebagai guru bahasa inggris di sekolah-sekolah Perguruan Rakyat.
Sementara Sukarni, tokoh yang “menculik” Sukarno-Hatta dan membawanya ke rengasdengklok, adalah juga orang Perguruan Rakyat. Maka tidak mengherankan, kalau dengan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Ali Sadikin) tanggal 10 Januari 1972 No. Cb 11/1/12/72, gedung Perguruan Rakyat di jalan Salemba raya 33 jakarta ditetapkan sebagai “TEMPAT PENDIDIKAN YANG BERSIFAT NASIONAL YANG PERTAMA KALI”. Besar atau kecil Perguruan Rakyat sudah ambil bagian dalam melahirkan Negara Indonesia. Kemudian sesudah Republik ini berdiri, Perguruan Rakyat ikut membela dan mempertahankannya. Generasi muda sekarang ini diharapkan bisa menjadi penerus generasi sebelumnya, dan semoga dari Perguruan Rakyat masa sekarang dan yang akan datang ini akan tumbuh generasi penerus yang akan berbakti untuk Bangsa dan Negara.


3 Tanggapan to “About”

  1. wah…ternyata sekolah menengah pertama kali didirikan di Indonesia adalah SMA Perguruan Rakyat yah…Ogut baru tau neh

  2. okek bro…sukses deh

  3. Batas pembayaran reuni tanggal 01 Juni 2010 dan di harapkan kehadirannya tanggal 06 Juni 2010 bertempat di Fasar Festival jam 12.00 wib tanpa ngaret untuk semua peserta panitia reuni. Bagi peserta lain yang ingin datang ke TKP so silahkan boleh datang juga

    Panitia Reuni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: